FANDOM

Tsuburaya Productions
Tsuburaya Prod
Jenis: Anak perusahaan dari TYO Productions, Inc.
Industri: Efek Khusus TV dan Produksi Film
Didirikan: 1963
Markas besar: Hachimanyama, Setagaya, Tokyo, Japan
Orang kunci: Eiji Tsuburaya (Pendiri)
Tsuneyuki Morishima (Presiden)
Shinichi Ôka (Wakil Presiden)
Junya Okabe (Wakil Presiden)
Situs web: Tsuburaya Productions

Tsuburaya Productions (円谷プロダクション Tsuburaya Purodakushon?) adalah studio efek khusus Jepang yang didirikan pada tahun 1963 oleh penyihir efek khusus Eiji Tsuburaya dan dijalankan oleh keluarganya, sampai Oktober 2007, ketika keluarga tersebut menjual perusahaan tersebut ke biro iklan TYO Inc. Studio ini terkenal karena memproduksi seri TV Ultraman yang asli, juga Seri Ultra. Sejak 2007, Kantor Pusat telah berada di Hachimanyama, Setagaya Tokyo.

SejarahSunting

Pertama kali didirikan pada tahun 1963, ia bertanggung jawab atas pembuatan acara klasik seperti Ultraman (dan banyak sekuelnya), Kaiju Booska dan banyak acara keluarga/anak-anak Tokusatsu yang spektakuler lainnya.

Logo perusahaan saat ini awalnya adalah logo mirip panah dari seri TV 1968 mereka, Mighty Jack, yang dirancang oleh direktur seni pertunjukan tersebut, Tohru "Tohl" Narita.

Perusahaan, ketika pertama kali dibentuk pada tahun 1963, dipanggil Tsuburaya Special Effects Productions (円谷特技プロダクション Tsuburaya Tokugi Purodakushon?). Pada tahun 1968, Toho Company Ltd memaksa perusahaan tersebut untuk mengubah namanya menjadi "Tsuburaya Productions," bukan hanya karena mereka pikir Eiji bertindak seolah hanya bisa melakukan efek khusus, namun mereka juga merasa bahwa acara TV sendiri menjadi persaingan yang kuat dengan film yang dia lakukan untuk mereka. Meski Eiji memiliki kekuatan politik yang kuat di Toho, dia dan perusahaannya berselisih satu sama lain sampai kematiannya pada tahun 1970.

Pekerjaan mereka yang lebih baru mencakup "Proyek Ultra N" (Ultraman the Next, Ultraman Nexus) dan Bio Planet WoO, berbasis longgar pada konsep yang tidak terpakai yang direncanakan sebelum produksi Ultra Q, tapi tidak pernah difilmkan.

Rekor DuniaSunting

Pada tahun 2001, Ultra Series Tsuburaya dianugerahi oleh Guinness Book of World Records untuk sebagian besar putaran televisi. Pada tahun 2013, rekor terus dipertahankan selama 12 tahun. Pada edisi 2014 buku ini, Seri Ultra masih terdaftar sebagai yang memiliki rekor dunia paling banyak putaran. Sertifikasi tersebut menghitung seri 27 putaran yang dibuat pada saat itu. Ini tidak termasuk pembuatan kembali seperti Heisei Ultra Seven, satu dari spesial (film), ringkasan dan rilis di rumah. Meskipun secara teknis banyak pertunjukan awalnya tidak dimaksudkan sebagai sekuel, namun mereka tetap berada dalam satu multiverse tunggal.

Seri Putaran Terdaftar dalam RekorSunting

  1. Ultraseven (1967)
  2. Ultra Fight (1970)
  3. Kembalinya Ultraman (1971)
  4. Ultraman Ace (1972)
  5. Redman (1972)
  6. Ultraman Taro (1973)
  7. Ultraman Leo (1974)
  8. The☆Ultraman (1979)
  9. Ultraman 80 (1980)
  10. Andro Melos (1983)
  11. Cerita pepatah Ultraman Kids (1986)
  12. Ibu Ultraman Kids meminta 30 juta tahun cahaya (1991)
  13. Ultraman Tiga (1996)
  14. Ultraman Dyna (1997)
  15. Ultraman Gaia (1998)
  16. Ultraman Cosmos (2001)
  17. Ultraman Boy's Ultra Coliseum (2003)
  18. Ultraman Nexus (2004)
  19. Ultraman Max (2005)
  20. Ultraman Mebius (2006)
  21. Ultraseven X (2007)
  22. Ultra Galaxy Mega Monster Battle (2007)
  23. Kanegon (2008)
  24. Ultra Galaxy Mega Monster Battle: Never Ending Odyssey (2008)
  25. Ultraman Retsuden (2011)
  26. Ultra Zone (2011)
  27. Ultraman Ginga (2013)

Bukan Seri UltraSunting

Ini semua adalah seri Tsuburaya yang memproduksi seri Ultra dan merupakan bentuk tokusatsu.

Buyout dari TYOSunting

Pada bulan Oktober 2007, karena kenaikan biaya produksi, keluarga Tsuburaya menjual perusahaan tersebut ke biro iklan Jepang TYO Inc., yang kini memiliki 80% saham di perusahaan tersebut, dengan Tsuburaya memiliki 68%. Bandai, pemegang lisensi utama barang dagangan untuk Seri Ultra, mengakuisisi 33% saham. Akibatnya, Kantor Kinuta tua yang digunakan oleh Tsuburaya karena Kantor Pusatnya telah dihancurkan, dan perusahaan tersebut telah pindah ke fasilitas yang lebih baru. Banyak penggemar merasa ini menjadi akhir dari sebuah era. Kazuo Tsuburaya, cucu Eiji, tinggal bersama perusahaan di dewan direksi.

GaleriSunting

VideoSunting

Tautan luarSunting